1
Loader gif

ホーム / 論文 / Design

Tips dalam Mendesain Lembaran Logam

📆 2021-04-19

Tips dalam Mendesain Lembaran Logam
Source: istockphoto.com

Banyak produk yang terbuat dari lembaran logam, yang tidak lebih dari logam yang digulung menjadi lembaran yang sangat tipis. Lembaran logam dapat dibuat dari sejumlah logam, termasuk aluminium, titanium, tembaga, dan kuningan. Lembaran logam memiliki karakteristik serbaguna, tahan lama dan kuat. Ini dapat dengan mudah dibentuk dan dipasang untuk manfaat visual dan fungsional, yang memberikan keuntungan besar untuk digunakan di bidang manufaktur dan bangunan. Ini adalah penggunaan visual dan fungsional yang menentukan baik desain dan fabrikasi.

Sementara desain dan fabrikasi adalah dua operasi yang terpisah dan berbeda, perancang lembaran logam harus memahami proses dan persyaratan fabrikasi untuk memberikan desain yang bisa diterapkan. Proses fabrikasi membutuhkan banyak proses yang rumit dan terkadang berbahaya. Perhatian yang tepat pada desain dapat membantu menghilangkan komplikasi dan mengurangi proses berbahaya.

Tantangan Mendesain Lembaran Logam

Memastikan bahwa bagian-bagiannya sesuai, lengkungan dibuat miring dengan benar, dan counterbore dan countersink bekerja hanyalah beberapa tantangan yang dihadapi saat merancang fabrikasi lembaran logam. Tekukan mungkin merupakan fitur yang paling sering pada bagian lembaran logam dan dapat dibentuk dengan berbagai metode dan mesin. Berikut adalah dua tips dalam merancang lembaran logam:

  1. Ketika beberapa tikungan berada pada bidang yang sama coba dan rancang bagian tersebut sehingga semua tikungan menghadap ke arah yang sama.

  2. Hindari bagian besar bila memungkinkan, dan terutama bagian besar dengan flensa kecil atau detail.

Counterbore dan Countersink membutuhkan perawatan untuk menjaga kekuatan material dan mencegah deformasi fitur selama pembentukan. Misalnya:

  1. Jarak antara dua countersink harus dijaga setidaknya 8 kali ketebalan material.

  2. Untuk memastikan kekuatan, jarak antara tepi countersink dan tepi material harus 4 kali ketebalan material.

Untuk mencegah deformasi lubang, tepi countersink harus setidaknya 3 kali ketebalan material dari titik singgung tikungan.

CAD 3D untuk Desain Lembaran Logam

CAD 3D telah membantu membuat fabrikasi lembaran logam lebih mudah dan lebih aman dengan memungkinkan perancang untuk memvisualisasikan proses fabrikasi dalam 3D virtual, memastikan bahwa bagian-bagiannya pas bersama-sama, tikungan miring dengan benar, dan counterbore serta countersink berfungsi. Menggunakan paket perangkat lunak CAD 3D yang tepat juga dapat membuat banyak proses desain menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih akurat.

Adanya pendekatan desain fleksibel yang kami Duta Laserindo Metal tawarkan, seperti saat melakukan desain lembaran logam untuk pelanggan tentunya menggunakan cara-cara terbaik dalam bekerja. Kami selalu memberikan kemudahan yang memudahkan Anda untuk untuk mendapatkan lembaran logam sesuai dengan kebutuhan.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事