2
Loader gif

ホーム / 論文 / Cutting

Jenis Proses Laser pada Industri Fabrikasi

📆 2021-03-23

Jenis Proses Laser pada Industri Fabrikasi
Source: istockphoto.com

Laser memainkan peran yang terus berkembang dalam pemrosesan material, dari pengembangan produk baru hingga produksi bervolume tinggi. Untuk semua proses laser, energi sinar laser berinteraksi dengan bahan untuk mengubahnya dalam beberapa cara. Setiap transformasi dari proses laser dikontrol dengan secara tepat mengatur panjang gelombang, daya, siklus kerja, dan laju pengulangan sinar laser.

Semua bahan memiliki karakteristik unik yang menentukan bagaimana sinar laser berinteraksi dan akibatnya memodifikasi materi. Proses yang paling umum untuk logam diantaranya yaitu:

  1. Laser Cutting
    Energi sinar laser fiber mudah diserap oleh sebagian besar logam, menyebabkan bahan yang langsung berada di jalur sinar laser akan cepat panas dan meleleh. Jika daya laser cukup tinggi, sinar laser akan melebur seluruhnya melalui material. Semburan udara bertekanan tinggi digunakan untuk menghilangkan logam saat meleleh, menghasilkan tepi yang halus dan lurus dengan zona yang terpengaruh panas minimal.

  2. Laser Marking
    Laser marking mengubah tampilan permukaan logam tanpa menghilangkan material. Ada beberapa jenis laser marking yang dapat digunakan untuk logam. Laser marking langsung dapat dilakukan dengan laser fiber atau laser CO2. Dalam proses marking secara langsung, energi sinar laser memanaskan permukaan logam yang menyebabkannya teroksidasi. Oksidasi ini menyebabkan logam yang telah terkena sinar laser menjadi gelap, menciptakan tanda hitam yang tak terhapuskan.

    Laser fiber juga dapat digunakan untuk membuat tanda yang terang, atau dipoles, pada permukaan logam. Logam juga dapat ditandai secara tidak langsung, baik dengan menambahkan lapisan seperti senyawa penanda logam, atau dengan menghilangkan lapisan seperti cat. Laser marking dapat digunakan untuk menyampaikan informasi seperti nomor seri atau logo.

  3. Laser Engraving
    Kekuatan sinar laser fiber dapat dibatasi sehingga mengukir material hingga kedalaman tertentu. Biasanya diperlukan beberapa lintasan laser engraving. Kedalaman umum untuk laser engraving pada logam adalah 75 hingga 125 mikron. Namun membuang logam sebanyak ini dalam sekali jalan dapat menyebabkan pelelehan atau distorsi. Oleh karena itu laser engraving biasanya dilakukan dalam beberapa lintasan. Proses laser engraving dapat digunakan untuk membuat tanda identifikasi permanen yang tidak dapat dihilangkan oleh panas atau keausan.

  4. Proses Gabungan
    Proses laser cutting, laser marking dan laser engraving yang dijelaskan di atas dapat digabungkan tanpa harus memindahkan atau msemasang kembali bagian logam

Kesimpulan

Itulah beberapa proses penggunaan laser dalam industri fabrikasi yaitu laser cutting, laser marking, laser engraving, dan proses gabungan. Jika Anda membutuhkan layanan penggunaan laser dalam bisnis Anda, kami Duta Laserindo Metal menyediakan layanan laser untuk memenuhi kebutuhan Anda.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事