1
Loader gif

ホーム / 論文 / Design

Manfaat Berpindah dari Alur Kerja CAD 2D ke 3D pada Fabrikasi Logam

📆 2021-03-23

Manfaat Berpindah dari Alur Kerja CAD 2D ke 3D pada Fabrikasi Logam
Source: istockphoto.com

Sebagian besar bisnis fabrikasi logam masih mengandalkan gambar 2D, meskipun model 3D sudah tersedia. Di lantai produksi, gambar digunakan untuk mengembangkan rencana produksi. Penggunaan geometri 2D masih lazim, akan tetapi penggunaannya mempengaruhi produktivitas ke tingkat signifikansi yang tinggi. Alasan utamanya termasuk ketidakmampuan gambar untuk mempertahankan kolaborasi yang erat dan kemungkinan terbatas untuk mengomunikasikan maksud desain dengan jelas

Selain itu, draf 2D ini seringkali sulit untuk dikelola dan rentan terhadap kesalahan yang pada akhirnya menyebabkan miskomunikasi dan pembatalan produksi. Namun, manfaat mengadopsi alur kerja CAD 3D dapat melebihi waktu dan investasi sumber daya untuk transformasi dan dapat terus membantu perakit dalam bersaing lebih baik di era digital atau Industri 4.0.

CAD 3D sebenarnya membuka banyak peluang untuk bisnis fabrikasi lembaran logam dalam berbagai cara dan tentunya satu-satunya cara ke depan bagi organisasi untuk tetap produktif dan menguntungkan. Adapun beberapa keuntungan penggunaan CAD 3D pada fabrikasi logam diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan kualitas dan akurasi
    Kemampuan CAD 3D memastikan bahwa setiap perubahan desain yang dibuat dalam model tercermin secara otomatis dalam konsep 2D yang diperlukan di lantai pabrik. Ini menghilangkan ketidakkonsistenan dalam komunikasi desain dan memberikan kontrol yang lebih baik atas versi desain. Akurasi dalam alur kerja dengan demikian menyerap kepercayaan di dalam tim dan dengan demikian membantu meningkatkan efisiensi keseluruhan dalam proses pengembangan produk.

  2. Desain lebih baik
    Manfaat langsung dari mendesain dalam 3D adalah peningkatan keakuratan desain dan kualitas. Alat pemodelan CAD 3D memiliki fitur lembaran logam yang memberikan kemampuan bagi perancang untuk merancang produk jadi, seperti yang akan terlihat setelah diproduksi.

  3. Desain produk yang dapat dikonfigurasi
    Ada banyak kemungkinan dengan penerapan alur kerja 3D. Memiliki model 3D CAD memungkinkan produktivitas ke tingkat berikutnya dengan menerapkan otomatisasi desain. Untuk perakit yang sedang mengembangkan produk yang dapat dikonfigurasi dimungkinkan untuk mengotomatiskan tugas berulang untuk menghasilkan model, gambar, dan dokumentasi produk 3D sesuai dengan keinginan pelanggan.

Dengan demikian tentu penting merancang kebutuhan fabrikasi logam Anda dengan CAD 3D yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dan memudahkan untuk membayangkan produk Anda sebelum produk tersebut dibuat. Mari konsultasikan dengan kami Duta Laserindo Metal untuk segala sesuai yang Anda inginkan dalam setiap proses termasuk merancang produk yang Anda inginkan dengan kualitas terbaik.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事