1
Loader gif

ホーム / 論文 / Finishing

Metode Apa Saja yang Terdapat pada Proses Finishing Logam?

📆 2021-02-22

Metode Apa Saja yang Terdapat pada Proses Finishing Logam?
Source: istockphoto.com

Finishing logam adalah langkah terakhir dalam proses yang digunakan untuk memberikan estetika dan perlindungan. Ini juga digunakan untuk mengurangi kekasaran permukaan dan pembersihan logam di luar kemampuan operasi pemesinan untuk bagian yang disegel. Berbagai jenis proses finishing logam digunakan untuk berbagai tujuan. Adapun beberapa metode finishing diantaranya yaitu:

  1. Plating

    Plating atau pelapisan logam menggunakan rendaman kimiawi untuk melapisi atau mengubah permukaan substrat dengan lapisan logam tipis seperti seng, nikel, kadmium, atau kromium. Metode pelapisan dengan listrik menghasilkan arus listrik untuk melapisi substrat, sedangkan pelapisan tanpa listrik menggunakan proses autokatalitik di mana substrat mengkatalisis reaksi. Pelapisan logam dapat meningkatkan daya tahan produk, ketahanan korosi, gesekan permukaan, dan tampilan eksterior.

  2. Brushing

    Tidak seperti pelapisan, finishing logam dengan kuas adalah metode yang efektif untuk menghilangkan ketidaksempurnaan permukaan. Mesin finishing ini menciptakan tekstur permukaan butiran paralel yang seragam untuk memperhalus eksterior produk. Sabuk abrasif atau sikat kawat biasanya digunakan untuk mencapai efek ini. Selain itu, penyikatan digunakan untuk menghilangkan kerak dan pasir yang dihasilkan oleh beberapa operasi pengelasan dari permukaan logam.

  3. Polishing

    Metode abrasif ini digunakan untuk mengurangi kekasaran permukaan pada logam setelah pengerjaan. Kekasaran diukur dalam mikro-inci dengan proses pemesinan yang paling tepat (reaming, broaching). Presisi atau penggerindaan halus dapat mengurangi kekasaran permukaan menggunakan roda abrasif atau titik yang dipasang. Selain itu, bubuk abrasif digunakan dalam kombinasi dengan kulit atau roda felt untuk memoles

  4. Coating

    Cat berbahan dasar air dan minyak digunakan untuk memberikan perlindungan murah pada logam dari korosi. Cat khusus tersedia untuk lingkungan yang keras, seperti cat anti-fouling. Lapisan bubuk menerapkan hasil akhir dekoratif yang mirip dengan cat tetapi dengan daya tahan yang lebih baik. Proses ini melibatkan UV atau heat curing dari bubuk polimer termoplastik atau thermosetting kering ke logam untuk menghasilkan lapisan bertekstur, matte, atau glossy.

Kesimpulan

Berikut merupakan pembahasan singkat mengenai beberapa metode finishing logam. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa saja metode yang digunakan pada Duta Laserindo Metal, Anda dapat melihat panduan dan menghubungi kami untuk melihat detail produk atau proses tertentu dari pembentukan lembar logam.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事