1
Loader gif

ホーム / 論文 / Assembling

5 Jenis Assembly dalam Manufaktur Logam

📆 2021-02-22

5 Jenis Assembly dalam Manufaktur Logam
Source: istockphoto.com

Ada banyak aspek penting di dalam manufaktur yang perlu diperhatikan agar menguntungkan bagi perusahaan. Jika produk dirakit dengan kualitas yang tidak baik, fungsionalitas dan umur panjang produk akan tidak bertahan lama.

Komponen produk dapat direkayasa dan dirancang dengan sempurna dan sesuai anggaran, tetapi jika metode perakitan tidak, hal itu dapat merusak suku cadang yang dirancang. Adapun beberapa jenis perakitan yang populer di bidang manufaktur saat ini diantaranya yaitu:

  1. Mechanical assembly

    Proses assembly ini menggunakan berbagai jenis perangkat keras atau pengencang seperti baut, mur, sekrup dan lainnya untuk merakit beberapa bagian bersama-sama. Metode ini bagus untuk perakitan yang tidak permanen, memerlukan perawatan, penyesuaian, dan suku cadang yang dapat diganti karena memungkinkan fleksibilitas untuk melepas dan memasang kembali perangkat

  2. Spot weld assembly

    Spot weld assembly menggabungkan dan mengikat dua lembar logam menjadi satu. Metode ini kurang permanen dibandingkan pengelasan biasa, tetapi lebih permanen daripada perakitan perangkat keras. Metode perakitan ini bagus untuk lemari, braket, dan komponen lembaran logam lainnya.

  3. Rivet assembly

    Jenis assembly ini memiliki kekuatan yang serupa tetapi kurang dari las, dan juga lebih murah. Metode ini bagus untuk rakitan yang membutuhkan kekuatan geser dan untuk rakitan yang menggunakan berbagai jenis bahan. Metode perakitan ini lebih disukai untuk rakitan struktural dan kokoh yang menghadapi suhu dan tekanan yang berfluktuasi.

  4. Weld assembly

    Perakitan yang digunakan yaitu dengan memadukan dua atau lebih potongan logam menjadi satu. Metode ini bagus untuk perakitan yang permanen, struktural, dan membutuhkan kekuatan.

  5. Brazing or soldering assembly

    Pada proses perakitan ini menggunakan logam pengisi yang dilebur sampai suhu tertentu yang akan mengikat kedua komponen menjadi satu. Ini adalah cara yang bagus untuk mengikat dua jenis logam yang berbeda sekaligus tetap menjaga kekuatannya, seperti las. Jenis metode perakitan ini digunakan untuk pipa untuk pipa ledeng, flashing, talang, komponen elektronik, dan perhiasan.

Kesimpulan

Berbagai metode perakitan ini memberikan pilihan tentang seberapa permanen, sementara, mahal, dan murahnya suatu suku cadang atau produk rakitan. Ketika proses assembly, Duta Laserindo Metal selalu menentukan metode mana yang paling efektif untuk digunakan. Selain itu, daya tahan dan kekuatan produk juga dapat memainkan peran utama dalam jenis perakitan yang akan digunakan. Jenis perakitan yang disebutkan di atas tidak semuanya, tetapi hanya metode yang umum digunakan.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事