1
Loader gif

ホーム / 論文 / Cutting

Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Pemotongan pada Laser Cutting

📆 2021-07-19

Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Pemotongan pada Laser Cutting
Source: istockphoto.com

Penerapan mesin pemotong laser membuat teknologi pemrosesan lembaran logam telah berkembang pesat, yang membawa konsep revolusioner ke fabrikasi dan pemrosesan lembaran logam. Hasil pemotongan pada benda kerja dapat menghasilkan potongan yang rapi atau sebaliknya, tepian yang kasar atau overburning. Lalu apa saja faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas pada saat proses laser cutting?

  1. Perawatan permukaan
    Perawatan permukaan yang paling umum adalah galvanis, dicat, anodized atau ditutupi dengan plastik berlapis. Permukaan yang dirawat dengan seng cenderung memiliki tepi yang tipis. Dalam hal yang dicat, kualitas pemotongan tergantung pada komposisi produk yang dicat. Pelat yang dilapisi dengan bahan berlapis sangat cocok untuk pemotongan laser. Agar deteksi kapasitif bekerja tanpa masalah dan untuk adhesi lapisan berlapis yang optimal (untuk menghindari lecet), tepi berlapis harus selalu berada di bagian atas benda kerja pemotongan.

  2. Struktur mikro dasar material
    Secara umum, semakin halus partikel penyusun material, semakin baik kualitas ujung tombaknya.

  3. Kualitas dan kekasaran permukaan
    Jika permukaan memiliki area karat atau oksidasi, profil potongan akan menjadi tidak beraturan dan memiliki banyak titik patah. Untuk memotong papan bergelombang, pilih parameter pemotongan ketebalan maksimum.

  4. Konduktivitas termal
    Saat pengelasan, bahan dengan konduktivitas termal rendah membutuhkan daya yang lebih kecil daripada bahan dengan konduktivitas termal tinggi. Bahan seperti tembaga, aluminium, dan kuningan kehilangan sebagian besar panas yang diserap oleh laser saat dilas karena panas dikonduksikan jauh dari titik target balok, sehingga bahan di zona yang terkena panas lebih sulit untuk dilas.

  5. Komposisi paduan
    Komposisi paduan mempengaruhi kekuatan, berat jenis, kemampuan las, ketahanan oksidasi dan keasaman material sampai batas tertentu. Beberapa elemen penting dalam bahan paduan besi adalah karbon, kromium, nikel, magnesium dan seng. Semakin tinggi kandungan karbon, semakin sulit bahan untuk dipotong.

  6. Pantulan sinar
    Bagaimana berkas cahaya dipantulkan pada permukaan benda kerja tergantung pada bahan dasar, kekasaran permukaan, dan mode perawatan. Beberapa paduan aluminium, tembaga, kuningan dan lembaran baja tahan karat memiliki karakteristik reflektifitas tinggi. Saat memotong bahan-bahan ini, perhatian khusus harus diberikan untuk menyesuaikan posisi fokus.

  7. Zona yang terkena dampak panas.
    Laser flame cutting dan laser melting cutting akan menyebabkan variasi material di area tepi material yang dipotong.

Kualitas pemotongan laser sangat penting dalam proses fabrikasi logam. kami Duta Laserindo Metal selalu memberikan kualitas terbaik untuk produk Anda dalam hal dari proses awal hingga akhir. Jika Anda ingin melakukan proses laser cutting untuk produk Anda, silahkan hubungi kami dan dapatkan produk terbaik yang dikerjakan oleh ahli yang profesional.

この記事を共有する :

別の記事

関連記事