1
Loader gif

Beranda / Artikel / Cutting

Standar Kualitas dalam Proses Pemotongan Laser

📆 2021-07-19

Standar Kualitas dalam Proses Pemotongan Laser
Source: istockphoto.com

Kualitas mesin pemotong laser terutama bergantung pada kualitas pemotongannya, yang merupakan cara paling langsung untuk menguji kualitas peralatan pemotongan laser. Kecepatan potong peralatan pemotong laser adalah apa yang harus menjadi fokus pelanggan. Lalu bagaimana cara memeriksa kualitas pemotongan laser, dan apa yang harus Anda perhatikan?

  1. Sifat tegak lurus
    Jika ketebalan lembaran logam melebihi 10mm, derajat vertikal dari ujung tombak sangat penting. Sinar laser menyimpang ketika jauh dari fokus, lebar pemotongan diperbesar ke arah atas atau bawah sesuai dengan posisi fokus. Ujung tombak menyimpang beberapa milimeter dari garis vertikal. Semakin vertikal tepinya, semakin tinggi kualitas pemotongannya.

  2. Deformasi
    Jika pemotongan menyebabkan bagian menjadi panas dengan cepat, itu berubah bentuk. Ini sangat penting dalam pemrosesan halus karena garis luar dan sambungan biasanya hanya lebar beberapa milimeter. Untuk menghindari deformasi dan mengurangi panas, hal yang perlu dilakukan adalah mengontrol daya laser dan menggunakan pulsa laser pendek.

  3. Tingkat kekasaran
    Kedalaman garis pada saat pemotongan laser menentukan kekasaran permukaan pemotongan. Semakin ringan garisnya, semakin halus bagian pemotongannya. Dalam kebanyakan kasus, kekasaran harus dikurangi sejauh mungkin, jadi semakin terang garisnya, semakin tinggi kualitas pemotongannya.

  4. Depresi dan korosi
    Depresi dan korosi memiliki efek buruk pada permukaan ujung tombak, mempengaruhi penampilan. Mereka muncul dalam kesalahan pemotongan yang harus dihindari secara umum.

  5. Lebar pemotongan
    Lebar takik, secara umum, tidak akan mempengaruhi kualitas pemotongan, kecuali ketika garis presisi khusus terbentuk di dalam bagian, lebar pemotongan akan terpengaruh, karena lebar pemotongan menentukan diameter dalam minimum yang digariskan. Ketika ketebalan pelat meningkat, lebar pemotongan juga akan meningkat. Oleh karena itu, untuk memastikan presisi tinggi yang sama, tidak peduli lebar sayatan, area kerja benda kerja di pemotong laser harus konstan.

  6. Zona Termal
    Dalam pemotongan laser, area di dekat sayatan dipanaskan. Sehingga menyebabkan bagian dari struktur logam berbuah bentuk seperti beberapa akan mengeras. Wilayah pengaruh termal mengacu pada kedalaman wilayah di mana struktur internal berubah.

Itulah beberapa standar kualitas dalam proses pemotongan laser. Adanya penerapan standar kualitas yang ketat yang kami Duta Laserindo Metal tawarkan dalam proses fabrikasi lembaran logam dapat memberikan hasil terbaik pada produk Anda. Jika Anda membutuhkan layanan penggunaan laser dalam bisnis Anda, kami Duta Laserindo Metal menyediakan layanan laser untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait