1
Loader gif

Beranda / Artikel / Finishing

Perbedaan Antara Pelapisan Krom, Nikel, dan Seng pada Proses Finishing Logam

📆 2021-07-19

Perbedaan Antara Pelapisan Krom, Nikel, dan Seng pada Proses Finishing Logam
Source: istockphoto.com

Dalam desain industri, proses elektroplating sering digunakan, lalu apa itu elektroplating? Elektroplating adalah proses pelapisan lapisan tipis logam lain atau paduan pada permukaan beberapa logam menggunakan prinsip elektrolisis. Ini adalah proses yang menggunakan elektrolisis untuk menempelkan film logam ke permukaan logam atau bahan lain untuk mencegah oksidasi logam seperti karat, yang meningkatkan ketahanan aus, konduktivitas, pantulan cahaya, ketahanan korosi seperti tembaga sulfat dan lainnya, dan meningkatkan estetika dan fungsi lainnya.

Elektroplating dibagi menjadi tembaga, emas, perak, kromium, nikel, pelapisan seng dan proses spesifik lainnya. Di bidang desain industri terutama galvanisasi, pelapisan nikel, pelapisan krom, dan seng adalah yang paling banyak digunakan. Lalu apa saja perbedaan antara ketiga metode tersebut? Berikut adalah penjelasan dari ketiga metode tersebut.

Pelapisan seng

Pelapisan seng mengacu pada teknologi perawatan permukaan yang melapisi lapisan seng pada permukaan logam, paduan atau bahan lain untuk estetika dan pencegahan karat.

Fitur

Biaya rendah, perlindungan korosi umum, warna putih keperakan

Aplikasi

Sekrup, pemutus sirkuit, perlengkapan industri, dan lain-lain.

Pelapisan nikel

Metode pelapisan lapisan nikel pada logam atau non-logam tertentu dengan elektrolisis atau metode kimia disebut pelapisan nikel.

Fitur

Indah sehingga dapat digunakan untuk dekorasi, harga tinggi, pengerjaan yang sedikit rumit, warnanya putih keperakan dan kuning.

Aplikasi

Dudukan lampu hemat energi, koin, dan lain-lain.

Pelapisan kromium

Kromium adalah sejenis logam perak-putih dengan warna biru. Metode pelapisan lapisan kromium pada logam atau non-logam dengan elektrolisis atau metode kimia disebut pelapisan krom.

Fitur

Ada dua jenis pelapisan krom yaitu yang pertama adalah untuk tujuan dekoratif, dengan penampilan yang lebih cerah, ketahanan abrasi yang lebih baik, kurang tahan karat daripada galvanis, dan lebih baik dari oksidasi. Jenis kedua adalah untuk meningkatkan kekerasan dan ketahanan aus dari bagian logam, yang merupakan fungsionalitas bagian tersebut.

Aplikasi

Bagian dekoratif cerah pada peralatan rumah tangga, elektronik, dan produk lainnya untuk kekerasan ada pada kran dan lain-lain.

Duta Laserindo Metal memiliki banyak metode pengaplikasian dengan fitur-fitur terbaik dalam proses fabrikasi logam termasuk pada proses finishing. Proses finishing dapat mencegah oksidasi logam seperti karat sehingga dapat yang meningkatkan ketahanan dari logam tersebut. Hubungi kami, Duta Laserindo Metal jika Anda membutuhkan layanan dalam proses finishing atau fabrikasi logam lainnya dengan hasil terbaik.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait