1
Loader gif

Beranda / Artikel / Cutting

Bagaimana Menyesuaikan Fokus pada Mesin Laser Cutting?

📆 2021-06-15

Bagaimana Menyesuaikan Fokus pada Mesin Laser Cutting?
Source: istockphoto.com

Pemotongan laser merupakan proses termal di mana sinar laser terfokus digunakan untuk melelehkan material di suatu area. Pemotongan kontinu dihasilkan dengan menggerakkan sinar laser atau benda kerja di bawah kendali CNC. Ada tiga jenis utama pemotongan laser yaitu pemotongan fusi, pemotongan api, dan pemotongan jarak jauh.

Lalu bagaimana cara menyesuaikan fokus pada mesin laser cutting? Adapun beberapa cara atau metode yang dapat digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lokasi titik NC dari posisi fokus laser

Gunakan selembar karton putih yang rata dan halus dan letakkan di atas meja kerja. Kepala pemotongan laser akan dipasang di atasnya. Ketinggian lensa pemfokusan dari karton adalah sekitar 10mm, yang lebih kecil dari panjang fokus lensa pemfokusan.

Sistem kontrol numerik mengatur kepala pemotong untuk bergerak setiap 10mm di sepanjang sumbu X atau Y, dan sumbu Z naik 1mm selama setiap gerakan, dan jarak untuk 20 gerakan berturut-turut dapat diatur. Setiap kali bergerak ke posisinya, 20 lubang dilubangi dengan 20 kali, dan tinggi sumbu Z bertambah 20 mm.

Dengan mengamati 20 lubang, kita dapat menemukan bahwa diameter lubang secara bertahap berubah dari besar ke kecil, dan kemudian dari kecil ke besar. Temukan lokasi di mana aperture terkecil, dan rekam. Jarak dari karton ke lensa bila diukur pada posisi ini adalah posisi fokus sinar laser sebenarnya

2. Bevel focus cautery method

Metodenya ditunjukkan dengan cara papan kayu lurus diletakkan secara diagonal di atas meja kerja dengan kemiringan sekitar 10 derajat, lalu atur kepala pemotongan pada titik A. Dimensi tinggi titik A dari lensa pemfokusan adalah 20mm lebih kecil dari panjang fokus lensa pemfokusan. Sistem kontrol numerik mengatur kepala pemotong untuk bergerak secara horizontal di sepanjang sumbu X atau sumbu Y secara terus menerus selama 230mm.

Laser mengeluarkan laser kontinu 200W saat gerakan dimulai. Ketika kepala pemotongan berhenti, laser juga berhenti. Pada saat ini, Anda dapat melihat ada jejak terbakar sinar laser yang berubah dari lebar ke sempit, lalu dari sempit ke lebar.

Ambil titik tersempit dari jejak sebagai posisi fokus, catat. Pada posisi ini, jarak papan kayu dari lensa adalah posisi fokus sinar laser sebenarnya.

Itulah beberapa cara atau metode yang dapat Anda lakukan untuk menyesuaikan fokus pada mesin laser cutting. Kami Duta Laserindo Metal selalu memberikan hasil pemotongan terbaik dikarenakan fokus pada laser yang sangat tepat sehingga membuat hasil pemotongan pada logam sangat presisi dan sesuai dengan keinginan Anda.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait