1
Loader gif

Beranda / Artikel / Welding

Masalah-masalah pada Proses Welding dan Solusinya

📆 2021-05-24

Masalah-masalah pada Proses Welding dan Solusinya
Source: istockphoto.com

Meskipun tidak ada yang disebut rahasia teknis dalam proses pengelasan, ada banyak teknologi, metode, dan proses pengelasan dalam proses pengelasan yang sebenarnya dapat mempermudah proses pengelasan, proses ini disebut pengetahuan teknis. Adapun beberapa masalah yang biasa terjadi pada proses welding dan solusinya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Saat mengelas benda kerja baja dengan GMAW dan FCAW, bagaimana jika ketebalan benda kerja melebihi arus pengelasan maksimum tukang las? Solusinya adalah dengan pemanasan awal logam sebelum pengelasan. Propana, gas standar, atau obor asetilen digunakan untuk memanaskan terlebih dahulu area pengelasan benda kerja. Suhu pemanasan awal adalah 150 ~ 260 ℃, dan kemudian pengelasan dilakukan. Tujuan dari pemanasan awal logam pada area pengelasan adalah untuk mencegah area las menjadi dingin terlalu cepat, agar tidak membuat retak las atau fusi yang tidak sempurna.

  2. Jika perlu mengelas penutup logam tipis pada pipa baja tebal dengan GMAW atau FCAW, arus pengelasan tidak dapat diatur dengan benar, dan dua situasi dapat terjadi: Pertama, untuk mencegah logam tipis terbakar dan mengurangi arus pengelasan, penutup logam tipis tidak dapat dilas ke pipa baja tebal saat ini. Kedua, arus pengelasan akan membakar penutup logam tipis. Bagaimana solusinya? Anda dapat menyesuaikan arus pengelasan untuk menghindari pembakaran melalui penutup logam tipis. Pada saat yang sama, panaskan pipa baja tebal dengan obor las, lalu las dua struktur logam dengan proses pengelasan pelat tipis. Sesuaikan arus pengelasan agar sesuai dengan pengelasan pipa baja tebal. Selama pengelasan, waktu tinggal busur pengelasan pada pipa baja tebal harus dijaga pada 90%, dan waktu tinggal pada penutup logam tipis harus dikurangi. Harus ditunjukkan bahwa hanya dengan menguasai teknik ini sambungan las yang baik dapat diperoleh.

  3. Jika perlu mengelas bahan yang mengandung galvanis atau krom ke bagian lain, apa yang harus dilakukan? Proses terbaik adalah mengikir atau menggiling area sekitar lasan sebelum pengelasan, karena lembaran logam yang mengandung galvanis atau kromium tidak hanya akan mencemari dan melemahkan lasan, tetapi juga melepaskan gas beracun selama pengelasan.

Itulah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada proses welding. Pengetahuan pada pengelasan dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga kerja, dan bahkan menentukan keberhasilan dan kegagalan pengelasan, untung dan rugi. Saat ini Duta Laserindo Metal memiliki teknisi dan profesional terbaik dibidang pengelasan sehingga dapat membantu Anda untuk menghasilkan produk terbaik pada proses welding yang Anda butuhkan.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait