1
Loader gif

Beranda / Artikel / Bending

Cara Membuat Lekukan Busur pada Lembaran Logam

📆 2021-05-24

Cara Membuat Lekukan Busur pada Lembaran Logam
Source: istockphoto.com

Bending adalah salah satu proses fabrikasi lembaran logam yang paling umum. Bending dilakukan melalui penerapan gaya pada benda kerja. Gaya harus melebihi kekuatan luluh material untuk mencapai deformasi plastis. Lalu bagaimana cara membuat lekukan busur pada lembaran logam? Berikut adalah beberapa cara membuat lekukan busur pada lembaran logam:

Membuat Lekukan dengan Radius < R30

Jika jari-jari lentur benda kerja busur lebih kecil dari R30, umumnya benda itu dapat ditekuk langsung dengan cetakan lentur pelat melingkar. Adapun cara Membuat lekukan busur Dengan Lembaran Logam: Saat cetakan atas dipasang, disarankan untuk menggunakan metode pemasangan cetakan atas yang membuatnya nyaman untuk dibongkar.

Saat menambahkan cetakan baru, mengurangi biaya juga akan membantu. Produk yang dihasilkan oleh proses ini memiliki presisi tinggi dan ukuran yang akurat, dan cocok untuk komponen lembaran logam presisi skala besar. Umumnya, untuk benda kerja busur dengan jari-jari lebih kecil dari R30, dan persyaratan toleransi ukuran pekerjaan tidak tinggi, satu tabung bundar dengan diameter sama dengan busur bagian lembaran logam dapat langsung ditempatkan di permukaan pelat logam. Cetakan bawah langsung menggunakan alur-V dengan lebar lebih besar dari diameter busur.

Gunakan ujung cetakan atas yang umum untuk menekan pipa bundar dan aplikasikan pada lembaran logam untuk mencapai tujuan pembentukan.

Membuat Lekukan dengan Radius > R30

Umumnya, untuk logam lembaran busur dengan jari-jari lebih besar dari R30, busur segmen dapat dibuka, dan sesuai dengan ukuran untuk menghitung berapa banyak waktu lentur yang diperlukan untuk membengkokkan bentuk bentuk, sehingga ukuran posisi masing-masing lentur dapat diatur dan dihitung. Kemudian hitung sudut setiap tikungan sesuai dengan hubungan antara total sudut busur dan jumlah total tikungan.

Saat membuat bagian lembaran logam dengan proses ini, untuk ukuran busur yang sama, semakin banyak jumlah tikungan, semakin baik efeknya dan semakin halus permukaannya. Saat menekuk produk semacam itu, titik awal langkah ram penyok dapat disetel untuk meningkatkan kecepatan tekuk. Penting untuk mengetahui beberapa cara untuk membuat lekukan busur pada proses bending dalam fabrikasi logam.

Duta Laserindo Metal menyediakan layanan yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk yang ingin dibuat. Kami memiliki teknisi ahli yang memiliki kompentensi baik sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik dalam pemrosesan bending pada proses pembentukan logam.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait