1
Loader gif

Beranda / Artikel / Assembling

Jenis-jenis Teknik Penggabungan Lembaran Logam

📆 2021-05-05

Jenis-jenis Teknik Penggabungan Lembaran Logam
Source: istockphoto.com

Lembaran logam biasanya mengacu pada pelat logam tipis dengan ketebalan 6 mm atau kurang. Pengolahan lembaran logam termasuk dalam proses pembentukan, tingkat pemanfaatan material tinggi, kualitasnya ringan, kekuatannya bagus, bermanfaat untuk perisai elektromagnetik, dan banyak digunakan di mobil, elektronik, peralatan rumah tangga dan banyak industri lainnya.

Insinyur mekanik pasti akan menggunakan bagian lembaran logam saat merancang produk lembaran logam. Bagaimana cara menggabungkan beberapa bagian lembaran logam dengan cara yang ekonomis dan andal? Berikut beberapa jenis proses penggabungan lembaran logam yang sering digunakan dalam desain produk lembaran logam diantaranya yaitu:

  1. Folding atau Tab Joints
    Kedua lembaran logam tersebut dihubungkan satu sama lain dengan cara melipat atau membengkokkan tab berupa gesper dan celah penjepit. Metode perakitan ini relatif sederhana dan nyaman, serta dapat menyelesaikan perakitan dengan cepat. Namun, operasi sambungan lipat atau tab tidak menjamin pemosisian penuh dan pemosisian tambahan diperlukan.

  2. Self-clinching
    Yang disebut self-riveting adalah menggunakan deformasi timbal balik antara lembaran logam untuk menyelesaikan fiksasi timbal balik. Meskipun metode ini sederhana, metode ini sering digunakan di tempat-tempat yang tidak dibongkar.

  3. Screw Joint atau Fasteners
    Self-tapping adalah penggunaan sekrup self-tapping untuk langsung mengetukkan benang pada lembaran logam, sehingga sangat baik dan dapat dibongkar.

  4. Pulling Rivet
    Rivetting dilakukan di lubang yang sesuai dengan dua bagian, dan pistol rivet digunakan untuk menarik rivet untuk memperluas dan merusak selongsong rivet luar. Dengan demikian memperbaiki kedua bagian. Koneksi ini sederhana, nyaman, dan cepat.

  5. Pressing Rivet
    Proses pressing rivet menekan mur atau crimp sekrup terhadap lembaran logam dan dapat dikawinkan dengan mur atau sekrup luar yang sesuai.

  6. Welding Joint
    Tujuan utamanya adalah menggunakan proses spot welding untuk memesan deretan sambungan solder pada dua lembaran logam. Proses ini langsung melelehkan bahan lembaran logam lokal di kepala pengelasan untuk menyelesaikan sambungan lembaran logam.

Pada artikel di atas, kami Duta Laserindo Metal memperkenalkan berbagai metode penggabungan lembaran logam. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis teknik penggabungan lembaran logam, Anda dapat menginformasikannya kepada kami untuk memenuhi segala kebutuhan penggabungan lembaran logam yang Anda inginkan.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait