1
Loader gif

Beranda / Artikel / Bending

Mengenal Swivel Bending dalam Industri Manufaktur Logam

📆 2021-04-26

Mengenal Swivel Bending dalam Industri Manufaktur Logam
Source: istockphoto.com

Pembengkokan panel konvensional memang memiliki kekurangan, terutama dalam hal pekerjaan yang sangat penting secara kosmetik. Bilah penekuk cenderung bergerak dengan cara di mana ujung bilah tidak berada di satu tempat selama siklus bending. Swivel bending merupakan analog dengan melipat pada mesin yang berdiri sendiri. Dalam proses ini, balok lentur berputar sedemikian rupa sehingga alat tetap bersentuhan dengan satu lokasi di permukaan luar benda kerja.

Jika aplikasi memerlukan hal tersebut, saat ini kebanyakan sistem swivel bending otomatis modern sudah dirancang sehingga balok swivel bending dapat menekuk ke atas dan ke bawah. Artinya, mereka dapat berputar ke atas untuk membentuk flensa positif, memposisikan ulang dirinya untuk berputar di sekitar sumbu baru, dan kemudian menekuk flensa negatif, ataupun sebaliknya. Berbeda dengan manipulator tradisional, unit lentur panel ini menggunakan konveyor khusus untuk memanipulasi benda kerja

Beberapa operasi swivel bending disebut dual swivel bending yang menggunakan dua balok untuk membuat bentuk khusus, seperti bentuk Z yang melibatkan tekukan positif dan negatif bergantian. Sistem balok tunggal dapat menekuk-putar bentuk ini, tetapi untuk mengakses semua garis lengkung, lembaran harus dibalik. Sistem swivel bending balok ganda dapat mengakses semua garis tekuk pada tekukan Z tanpa membalik lembaran.

Swivel bending memang memiliki keterbatasan. Jika aplikasi otomatis memerlukan geometri yang sangat kompleks, CNC bending dengan pergerakan bending blades yang bervariasi tanpa batas adalah pilihan yang lebih baik. Tantangan swivel bending juga muncul saat tikungan terakhir negatif. Sementara bending blades pada CNC bending dapat bergerak mundur dan keluar, balok swivel bending tidak dapat bergerak dengan cara ini.

Kesimpulan

Saat ini ada banyak jenis metode yang bisa digunakan di dalam proses bending pada industri logam, salah satunya adalah swivel bending. Swivel bending memiliki beberapa keunggulan meskipun juga ada beberapa keterbatasan. Jika Anda ingin menggunakan proses bending untuk produk logam Anda, kami Duta Laserindo Metal menawarkan berbagai jenis proses bending yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan efisiensi tinggi dan harga ekonomis.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait