2
Loader gif

Beranda / Artikel / Cutting

Pertimbangan Umum pada Sistem Laser Logam

📆 2021-04-19

Pertimbangan Umum pada Sistem Laser Logam
Source: istockphoto.com

Logam adalah bahan anorganik dengan konduktivitas panas dan listrik yang tinggi. Logam dapat digulung untuk membentuk pelat atau lembaran, atau dapat juga dicetak atau dikerjakan untuk membentuk bentuk yang lebih kompleks. Logam bisa berupa unsur murni seperti besi atau krom. Logam juga bisa berupa paduan, atau campuran dari dua atau lebih elemen.

Laser marking adalah aplikasi umum untuk logam. Laser cutting dan laser engraving juga dimungkinkan dengan daya laser yang memadai. Tapi apa saja pertimbangan umum yang harus diperhatikan saat menggunakan sistem pada laser logam? Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat digunakan yaitu:

  1. Ukuran Platform
    Ukuran platform harus cukup besar untuk menampung potongan logam terbesar yang akan diproses laser atau dilengkapi dengan kemampuan untuk memproses potongan yang lebih besar.

  2. Lensa
    Lensa 2.0 adalah lensa proses umum terbaik untuk pemrosesan bahan laser logam.

  3. Daya Laser
    Daya laser harus dipilih berdasarkan proses yang akan dilakukan. Setidaknya 50 watt daya laser fiber direkomendasikan untuk pemotongan atau pengukiran laser logam. Empat puluh atau 50 Watt daya laser fiber dapat digunakan untuk laser menandai logam secara langsung. Daya laser CO2 25 hingga 150 Watt direkomendasikan untuk penandaan langsung logam.

  4. Panjang gelombang
    Panjang gelombang 1,06 mikron diserap dengan baik oleh sebagian besar logam dan direkomendasikan untuk laser cutting, laser engraving, dan laser marking pada logam. Laser CO2 dengan panjang gelombang 10,6 mikron adalah pilihan terbaik untuk proses penandaan tidak langsung menggunakan senyawa penandaan logam atau penghilangan lapisan.

  5. Air Assist
    Air assist menyediakan pancaran udara di dekat titik fokus laser untuk menghilangkan logam cair selama pemotongan dan pengukiran laser. Ini juga membantu menghilangkan gas dan partikel yang dihasilkan selama proses laser cutting, laser engraving, dan laser marking pada logam.

  6. Pembuangan
    Pembuangan harus memiliki aliran yang cukup untuk menghilangkan gas dan partikel yang dihasilkan selama proses laser dari peralatan laser cutting, laser engraving, dan laser marking pada logam.

Kesimpulan

Ada beberapa pertimbangan umum yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan sistem laser pada logam. Kami Duta Laserindo Metal selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memperhatikan segala sesuatu di dalam proses fabrikasi logam yang kami tawarkan. Jika Anda membutuhkan layanan penggunaan laser dalam proses fabrikasi logam, silahkan hubungi kami untuk memenuhi semua kebutuhan Anda dengan lebih cepat dan efisien.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait