1
Loader gif

Beranda / Artikel / Marking

Jenis-Jenis Mesin pada Laser Marking

📆 2021-02-26

Jenis-Jenis Mesin pada Laser Marking
Source: istockphoto.com

Jenis mesin yang dibutuhkan untuk bahan yang berbeda tentunya akan berbeda pula. Hal ini dikarenakan proses laser marking dapat dilakukan pada berbagai jenis bahan termasuk logam, plastik, kaca, kayu, keramik, dan lainnya. Adapun beberapa jenis mesin atau metode yang biasa digunakan pada saat proses laser marking, diantaranya yaitu:

1. Fiber Laser Marking

Teknologi fiber laser marking menggunakan tingkat daya yang berkisar antara 20-50 watt, mesin fiber laser marking adalah salah satu mesin yang paling kuat di pasaran. Mesin ini ideal untuk proses penandaan dalam bentuk ukiran. Jenis ini akan sempurna pada logam yang lebih keras, atau saat seseorang membutuhkan sistem bertenaga tinggi dengan ukuran titik yang lebih kecil untuk mencapai resolusi tinggi.

2. UV Laser Marking

Gas laser, solid state laser, dan dioda dapat digunakan untuk membuat mesin yang memancarkan sinar ultraviolet (UV). Jenis ini biasanya dirancang dalam panjang gelombang laser UV 355 dan dapat menandai berbagai macam bahan seperti plastik, keramik, dan kaca tanpa perlu bahan tambahan. Karena sinar berkualitas tinggi, UVC dapat menandai elektronik, papan sirkuit, microchip, dan lainnya.

3. Green Laser Marking

Mesin green laser marking digunakan untuk menandai bahan yang sangat reflektif. Mereka juga bekerja pada atau substrat yang sangat sensitif seperti wafer silikon, menunjukkan kemudahan kerja yang sangat baik dan presisi tinggi. Jenis ini beroperasi dalam spektrum cahaya pada 532 nm dan rentang daya 5-10 watt, dan sempurna untuk plastik lunak, papan PCB, atau menandai sel surya dari berbagai komposisi material.

4. MOPA Laser Marking

Mesin MOPA laser marking memberikan efisiensi daya yang tinggi dengan menggunakan pendekatan penguat daya Osilator Master. Teknologi ini menghasilkan sinar yang sangat koheren, dan optik digunakan untuk meningkatkan kekuatan sinar sambil mempertahankan sifat utamanya. Jenis ini dapat mencapai amplitudo hingga 2700 KHZ.

5. CO2 Laser Marking

Mesin CO2 laser marking biasanya merupakan sistem penandaan laser tabung tertutup dengan balok kemudi galvo yang dirancang untuk menandai permukaan non-logam seperti kayu, kaca, dan keramik. Mereka juga dapat menandai kain dan bahan organik lainnya, yang beroperasi pada panjang gelombang 10.600 nm. Mesin ini digunakan untuk membuat kode batang, nomor seri, dan logo pada logam dan permukaan lainnya.

Sekarang Anda dapat melihat sepintas mengenai laser marking, dan memutuskan jenis mesin yang akan digunakan untuk produk Anda. Setelah itu, Anda tinggal memilih jenis yang memberi Anda pilihan terbaik dalam hal keramahan saku, fitur, mobilitas, dengan bantuan dari para ahli di Duta Laserindo Metal.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait