4
Loader gif

Beranda / Artikel / Cutting

Langkah Penting Proses Fabrikasi Lembaran Logam Hingga Menjadi Produk

📆 2021-02-22

Langkah Penting Proses Fabrikasi Lembaran Logam Hingga Menjadi Produk
Source: istockphoto.com

Lembaran logam biasanya dimulai sebagai lempengan besar yang digulung menjadi gulungan panjang. Proses fabrikasi dimulai dengan memotong bentuk lembaran. Kemudian membuat lubang apa pun yang dibutuhkan. Selanjutnya, dari lembaran tersebut potongan-potongan itu dirakit. Biasanya dengan mengelas atau menambahkan perekat jika memungkinkan. Setelah itu, produk tersebut dilapisi dengan lapisan luar yang menarik dan tahan lama.

Hampir setiap fabrikasi lembaran logam melalui Langkah-langkah tersebut. Adapun detail dari langkah penting dari fabrikasi lembaran logam hingga produk jadi yaitu:

  1. Cutting

    Untuk memotong lembaran besar menjadi persegi panjang yang lebih kecil, proses cutting adalah cara yang tepat. Mesin pemotong memiliki mata pisau panjang dan memotong lembarannya secara lurus. Untuk memotong bentuk yang lebih kompleks, prosesnya beralih ke pemotongan laser. Punching adalah cara lain untuk menghasilkan bentuk kompleks pada lembaran logam. Sebenarnya, punching adalah proses untuk membuat lubang di lembaran, tetapi dengan turret punch kita dapat membuat bentuk yang kompleks.

  2. Bending

    Kebanyakan proses bending lembaran logam dilakukan pada mesin. Operator memposisikan lembaran sehingga garis pada proses bending berada di atas saluran kemudian menurunkan mesin bending. Hal ini mendorong lengkungan terbentuk. Salah satu tantangan terbesar dalam proses bending adalah mengelola springback. Dimana saat logam mencoba kembali ke bentuk datar aslinya. Ini ditangani dengan melakukan overbending. Tetapi, melakukan proses bending pada sudut yang tepat membutuhkan keahlian dan pengalaman yang mumpuni.

  3. Assembly

    Menyatukan setiap potongan dimulai dengan fit-up. Setiap bagian dari rakitan dipegang pada posisinya dan ditambahkan pengencang yang sesuai. Kemudian lasan paku dibuat untuk menyatukan semuanya. Setelah itu, dilakukan pengelasan yang menggabungkan potongan-potongan itu menggunakan berbagai peralatan pengelasan. Tidak setiap pelanggan atau pekerjaan membutuhkan pengelasan. Akan tetapi keuntungan menggunakannya adalah jika ada bagian yang rusak lebih mudah untuk diganti.

  4. Finishing

    Setelah assembly,sebagian besar fabrikasi menjuju proses finishing. Mulai dari membersihkan pengelasan hingga memoles hingga selesai. Di antara hal-hal tersebut terdapat berbagai opsi pengecatan dan pelapisan. Ini biasanya memiliki dua tujuan yaitu melindungi fabrikasi dari korosi, dan memberikan tampilan akhir yang menarik.

Kesimpulan

Setiap fabrikasi lembaran logam melalui empat langkah proses yaitu cutting, bending, assembly, dan finishing. Jika Anda membutuhkan jasa dalam memproses lembaran logam, kami Duta Laserindo Metal memberikan berbagai layanan fabrikasi lembaran logam yang dapat mewujudkan keinginan anda dalam memproduksi lembar logam.

Bagikan artikel :

Artikel Lainnya

Artikel Terkait