1
Loader gif

Home / Magazine / Welding

Cara untuk Menahan Porositas dalam Paduan Aluminium Laser Welding

📆 2021-07-19

Cara untuk Menahan Porositas dalam Paduan Aluminium <i>Laser Welding</i>
Source: istockphoto.com

Pengelasan laser adalah teknologi yang memancarkan laser intensitas tinggi ke permukaan logam dan membuat logam meleleh dan mengkristal untuk membentuk las dengan kopling termal antara laser dan logam. Menurut mekanisme termal pengelasan laser, dapat dibagi menjadi pengelasan konduksi termal dan pengelasan penetrasi dalam.

Pengelasan konduktif termal terutama digunakan dalam pengelasan paket atau pengelasan mikro nano bagian presisi. Pengelasan penetrasi dalam laser terutama digunakan dalam pengelasan bahan yang membutuhkan penetrasi lengkap. Proses pengelasannya akan membuat material menguap dan muncul fenomena lubang kunci di kolam cair. Ini adalah metode pengelasan laser yang paling banyak digunakan saat ini, dan juga merupakan metode pengelasan paduan aluminium yang disukai. Lalu bagaimana cara untuk menahan porositas dalam paduan alumunium pada proses laser welding? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

  1. Penghambatan porositas pengelasan dengan perawatan permukaan sebelum pengelasan
    Perawatan permukaan sebelum pengelasan adalah metode yang efektif untuk mengontrol pori-pori metalurgi dalam pengelasan laser paduan aluminium. Umumnya, metode perawatan permukaan meliputi pembersihan mekanis fisik dan pembersihan kimia. Setelah dibandingkan, proses terbaik adalah perawatan kimia yaitu pembersihan bahan pembersih logam, pencucian air, pencucian alkali, pencucian air, pencucian asam, pencucian air, dan terakhir pengeringan pengeringan). Setelah perawatan permukaan, pelat uji harus dilas dalam waktu 24 jam. Ketika pelat uji bertahan lama setelah perawatan, rakitan harus dibersihkan dengan alkohol absolut sebelum pengelasan.

  2. Mengontrol porositas pengelasan dengan memilih gas pelindung dan laju aliran yang tepat
    Pemilihan gas pelindung secara langsung mempengaruhi kualitas, efisiensi dan biaya pengelasan. Dalam proses pengelasan laser, hembusan gas pelindung yang benar dapat secara efektif mengurangi porositas las. Terlalu banyak aliran gas disertai dengan terlalu banyak tekanan gas, yang membuat bagian dari gas pelindung tercampur ke dalam kolam solusi dan membuat porositas meningkat.

  3. Mengontrol porositas pengelasan dengan parameter proses pengelasan
    Pembentukan porositas las tidak hanya terkait dengan kualitas perlakuan permukaan las, tetapi juga terkait dengan parameter proses pengelasan. Pengaruh parameter pengelasan terhadap porositas las terutama tercermin dalam penetrasi las, yaitu pengaruh rasio lebar belakang las terhadap porositas las.

Dipengaruhi oleh sifat-sifat paduan aluminium itu sendiri, fenomena tidak ada porositas tidak dapat sepenuhnya dihindari dalam proses pengelasan, hanya porositas yang dapat dikurangi. Melalui optimasi proses sebelum dan sesudah pengelasan dan ringkasan percobaan, kami Duta Laserindo Metal menggunakan beberapa cara efisien cara untuk menghambat porositas, yang dapat digunakan sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan Anda dengan hasil terbaik dan efisien.

Share this magazine :

Another Magazines

Related Magazine