1
Loader gif

Home / Magazine / Cutting

Apa itu Laser Cutting? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

📆 2021-02-22

Apa itu Laser Cutting? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Laser cutting adalah proses pemotongan bahan menggunakan sinar laser. Ini dapat dilakukan untuk memotong bahan menjadi bentuk kompleks. Proses ini juga memiliki banyak kesamaan dengan proses pengeboran dan pengukiran dimana melibatkan pembuatan lubang pada bahan dan ukiran yang digunakan dalam proses selanjutnya.

Lubang ini pada dasarnya adalah potongan, dan Anda akan sering melihat mesin laser juga digunakan untuk mengebor dan mengukir. Berbagai macam bahan dan ukuran ketebalan dapat dipotong dengan laser, menjadikannya proses yang praktis dan mudah disesuaikan.

Mengapa laser digunakan untuk memotong?

Laser digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satu cara penggunaannya adalah untuk memotong pelat logam. Pada baja ringan, baja tahan karat, dan pelat aluminium, proses pemotongan laser sangat akurat, menghasilkan kualitas pemotongan yang sangat baik, memiliki lebar garitan yang sangat kecil, dan memungkinkan untuk memotong bentuk yang sangat rumit.

Cara kerja pemotong laser

Sinar laser adalah kolom dengan intensitas cahaya yang sangat tinggi, dengan panjang gelombang tunggal, atau warna. Dalam kasus laser CO2 tipikal, panjang gelombang itu berada di bagian inframerah dari spektrum cahaya, sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Sinar laser terfokus melewati lubang nosel tepat sebelum menyentuh pelat. Juga mengalir melalui lubang nosel itu adalah gas terkompresi, seperti oksigen atau nitrogen.

Pada proses ini sinar harus terfokus secara tepat sehingga bentuk titik fokus di titik itu bulat sempurna dan konsisten, serta berpusat di nosel. Sehingga dengan memfokuskan berkas besar ke satu titik, kepadatan panas di titik itu menjadi ekstrim. Kerapatan daya yang tinggi menghasilkan pemanasan yang cepat, peleburan dan penguapan sebagian atau seluruh material.

Saat memotong baja tahan karat atau aluminium, sinar laser hanya melelehkan material, dan nitrogen bertekanan tinggi digunakan untuk meniup logam cair keluar dari garitan. Pada pemotong laser computer numerical control (CNC), kepala pemotongan laser digerakkan di atas pelat logam dalam bentuk bagian yang diinginkan, sehingga memotong bagian tersebut keluar dari pelat.

Sistem kontrol diperlukan untuk menjaga jarak yang sangat akurat antara ujung nosel dan pelat yang dipotong. Jarak ini penting dikarenakan dapat menentukan titik fokus relatif terhadap permukaan pelat yang ingin dipotong.

Kesimpulan

Kualitas potongan dapat dipengaruhi dengan menaikkan atau menurunkan titik fokus tepat di atas permukaan pelat, di permukaan, atau tepat di bawah permukaan. Ada banyak sekali parameter lain yang juga memengaruhi kualitas pemotongan, tetapi jika semuanya dikontrol dengan benar, pemotongan laser adalah proses pemotongan yang stabil, andal, dan sangat akurat.

Seperti yang dilakukan oleh kami Duta Laserindo Metal untuk membuat prototipe serta seri yang sesuai dengan kebutuhan proyek klien dengan menggunakan metode laser cutting terbaik.

Share this magazine :

Another Magazines

Related Magazine